Ads

Selasa, 15 September 2015

Rindu Hati

Posted by JELANG at 01.59.00 0 Comments

Rindu Hati adalah salah satu desa tua yang berada di kecamatan Taba Penanjung Kabupaten BengkuluTengah. Desa ini berjarak kurang lebih 36 Km atau 45 menit dari kota Bengkulu dan merupakan salah satu sub DAS Air Bengkulu atau hulu sungai Bengkulu yang mana air sungai ini dipakai oleh PDAM untuk mensuplai kebutuhan air sebagian masyarakat Bengkulu.


Secara ringkas desa Rindu Hati berdiri pada abad lebih kurang abad 15 masehi yang termasuk didalam wilayah marga SELUPU BARU kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Nama desa diambil dari perasaan kerinduan antara keluarga besar anak dalang dan para sahabat yaitu “INDEU ATIEA” yang dalam bahasa rejangnya “DUATEI” yang berarti RINDU HATI. Dalam persi ini dibuktikan bahwa penduduk Rindu Hati sebagian berasal dari sungai limau yang bergelar Raja dan Siti.

Namun ada persi lain yang mengatakan bahwa desa Rindu Hati pada mulanya diambil dari salah satu nama kampung yang berada di Sumatra Barat dekat dengan kerajaan Pagaruyung daerah Batu Sangkar yaitu “SARUASO” yang dalam bahasa rejangnya disamakan dengan DUATIEA yang berarti satu rasa dan satu hati, ini dibuktikan dengan hampir 60% dari penduduk desa Rindu Hati adalah keturunan dari Sumatera Barat dan dalam persi ini penduduk Rindu Hati bergelar Sutan dan Encik.
Hampir sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani kebun ( kopi robusta) atau sawah  irigasi dan ada juga sebagai  pekerja buruh pada lahan perkebunan milik warga, dengan sistem bagi hasil atau sewa lahan.





Tags:

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 komentar:

Recent Articles

Blogroll

Recent News

back to top